Search This Blog

Friday, 2 June 2017

14 Makanan Kaya Dengan Zat Besi

Assalamualaikum wbt,

Apa yang terlintas di hati anda apabila dengar orang cakap Zat Besi atau iron? Wawa pasti, ramai yang akan kaitkan dengan hemoglobin ataupun tenaga. Perkataan zat besi biasanya familiar dikalangan ibu hamil sebab selalu kena marah dengan nurse kan. hihi
Jom kita study, apa itu zat besi dan apakah makanan yang kaya dengan zat besi.

Apa Itu Zat Besi?

Zat besi atau dalam simbol kimia Fe (dalam bahasa latin di kenal dengan nama ferrum) merupakan mineral yang memiliki peranan penting dalam tubuh kita, ia memiliki tugas untuk memastikan ketersediaan jumlah darah yang di perlukan oleh tubuh. Fungsi zat besi adalah mengikat oksigen dari paru paru ke jaringan dan mengangkut elektron di dalam poses pembentukan energi di dalam sel.

Dalam melakukan proses pengangkutan oksigen, zat besi harus bersatu dengan protein agar membentuk hemoglobin yang ada dalam sel darah merah dan myoglobin yang ada dalam serabut otot. Bila bergabung dengan protein di dalam sel, zat besi membentuk enzim yang akan berperanan dalam pembentukan energi di dalam sel.
Jadi, zat besi sangat penting dalam tubuh kita bagi memastikan fungsi sistem tubuh kita berfungsi dengan baik.


1.     Kulit kentang

Mungkin jika anda ingin memakan kentang anda selalu membuang kulitnya, mungkin anda tidak tahu bahwa sebenarnya kulit kentang memiliki zat besi 5 kali lebih banyak di bandingkan dengan kentang itu sendiri. Jadi mulai sekarang cubalah untuk memakan kentang tersebut beserta kulitnya.

2.     Daun bayam

Daun bayam merupakan salah satu makanan yang sering kita makan, daun bayam adalah sayuran yang dapat membantu kita untuk mengikat zat besi, bayam juga sudah terkenal dapat mencegah anemia dan bayam juga mengandungi banyak vitamin A dan dapat memberi manfaat pada tubuh kita.

3.     Jagung
Jagung merupakan salah satu makanan yang banyak mengandungi zat besi dan juga kuprum. Jagung juga menjadi salah satu sumber yang baik untuk vitamin A dan vitamin C.

4.     Kangkung
Anda mungkin tidak asing lagi dengan sayuran yang satu ini. Ternyata kangkung juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan juga memiliki kandungan yang lain seperti vitamin A, vitamin B serta vitamin C serta mengandungi kalsium dan kalium yang penting untuk tubuh.

5.     Chard

Chard adalah salah satu sayuran yang mengandungi zat besi dan vitamin A.

6.     Buah apricot
Buah apricot ini mengandungi jumlah zat besi yang sempurna untuk tubuh manusia.

7.     Buah prune
Buah ini adalah buah yang memiliki kandungan zat besi lebih banyak di bandingkan epal dan betik, dan buah ini juga dapat melancarkan aliran darah.

8.     Kacang tanah, kacang hijau dan kacang kedelai
Jenis kacang kacang ini merupakan kacang yang memilliki tinggi zat besi dan energi yang baik bagi tubuh.

9.     Roti gandum
Roti gandum biasanya menjadi pilihan untuk orang yang sedang menjalani diet, ternyata roti gandum juga memiliki zat besi yang banyak dan dapat juga untuk mencegah penyakit jantung.

10.  Beras merah
Beras merah juga salah satu makanan yang mengandungi zat besi yang baik untuk tubuh. Selain itu, beras merah juga mengandung serat, vitamin E dan asam folat.

11.  Kismis dan sereal
Kedua-dua makanan ini juga mengandungi zat besi. Selain itu, kismis juga dapat membantu kecerdasan otak.

12.  Telur
Telur memiliki paling banyak kandungan mineral iaitu zat besi, dan vitamin B. Telur sangat ideal di makan pada waktu pagi (sarapan) karana mengandungi jumlah energi yang mencukupi.

13.  Daging sapi
Daging sapi juga mengandung sumber zat besi. Dalam daging mengandung 201kkal energi, 14 gr lemak dan 2,8mg zat besi.

14.  Ikan

Ikan di kenali sebagai makanan yang memiliki banyak manfaat, kandungan dalam ikan adalah omega 3, dan 6 dan juga memiliki zat besi di dalamnya.

Semoga bermanfaat.

Kredit : infomakananbergizi

1 comment:

paridah said...

SINGGAH PTG..MKN UTK KSHTN KAN WAWA...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...